1. RUANG LINGKUP KEPUTUSAN KONSUMEN Keputusan
pembelian oleh konsumen akan mencakup pertimbangan-pertimbangan berbagai aspek.
Salah satunya tentang konsentrasi konsentrasi pemasaran lebih diarahkan pada
keputusan mengenai produk alternative yang ada di pasar. Walaupun demikian,
keputusan pembelian bukan hanya ditentukan tentang merk tertentu saja. Selain
itu, konsumen mengambil keputusan pembelian atas sumber informasi yang mereka
terima yang dijadikan dasar pembelian. Beberapa sumber informasi yang dapat
mereka pergunakan diantaranya: 1. Televise 2. Majalah 3. Koran 4. Keluarga 5.
Teman 6. Dealer Bagi manajer, pemahaman tentang sumber informasi saja belum
terasa cukup, banyak hal yang perlu diketahui oleh manajer, diantaranya
terletak pada implikasi strategi pemasaran yang akan dipergunakan oleh
perusahaannya, yaitu: 1. Keputusan tentang kategori produk: - memberi kerangka
yang luas dalam memahami lingkup ppersaingan produk - pengamatan terhadap trend
permintaan industry memungkinkan perusahaan mengidentifikasi dampaknya terhadap
produk perusahaan 2. Keputusan tentang merk produk: - Memberikan dasar bagi
para manajemen dalam membandingkan kelemahan dan kekuatan produk dari
perusahaan maupun dari pesaing - Memberikan pemikiran meluncurkan produk
terbaru untuk melayani kebutuhan yang belum terpenuhi 3. Keputusan tentang
sumber informasi - Memberikan dasar bagi para manajemen tentang bentuk
informasi yang doperlukan untuk mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk -
Sebagai pegangan dasar bagi manajemen dalam mengarahkan isi pesan pada target
pasar yang dilayani Tahapan Pengambilan Keputusan Pembelian 1. Menurut Engel et
al. (1994:31-32) dan Lamb et al. (2001:188), ada berbagai tahapan yaitu: a)
pengenalan kebutuhan b) pencarian informasi c) evaluasi alternative d) keputusan
pembelian e) perilaku pascapembelian. 2. Secara umum: 1. Pengenalan masalah
(problem recognition)
Adapun sumber informasi untuk membantu mereka mencari aneka produk atau
jasa yang mereka cari selama ini. Nah, ada 4 (empat) sumber informasi yang
dapat membantu konsumen menemukan produk atau jasa yang layak mereka beli untuk
memenuhi berbagai kebutuhannya, diantaranya
1. Pertama, sumber
komersial yang sifatnya lebih banyak memberitahukan hal-hal seputar
produk. Iklan merupakan sumber informasi komersial yang potensial dalam
meraih calon pembeli. Iklan disini bisa disebarluaskan dengan berbagai media
cetak, elektronik, maupun audio, visual dan audio visual.
2. Kedua, sumber
personal. Sifatnya lebih banyak memberikan penilaian dan
memperkuat informasi produk yang diterima calon pembeli.
3. Ketiga, sumber
publik, berupa kecenderungan publik dalam mengapresiasi suatu produk.
Informasi yang diberikan biasanya melalui sebuah survei atau polling
pendapat berkenaan dengan suatu jenis produk. Saat ini banyak sekali perusahaan
yang menggunakan jasa publisitas baik itu berupa demo produk, event maupun
testimoni orang-orang terkenal.
4. Keempat, sumber
pengalaman, berupa pengalaman sebelumnya berkaitan dengan penggunaan
produk untuk memenuhi suatu kebutuhan. Pada beberapa orang, pengalaman
yang beredar dari mulut ke mulut lebih banyak dan lebih efektif mempengaruhi
pengambilan keputusan pembelian barang. Salah satunya, ketika pengusaha menjual
barangnya menjauhi sumpah yang berlebihan dalam menjual suatu barang, seperti
sabda Nabi SAW
Tidak ada komentar:
Posting Komentar