Kamis, 08 Januari 2015

Sumber Informasi konsumen

1. RUANG LINGKUP KEPUTUSAN KONSUMEN Keputusan pembelian oleh konsumen akan mencakup pertimbangan-pertimbangan berbagai aspek. Salah satunya tentang konsentrasi konsentrasi pemasaran lebih diarahkan pada keputusan mengenai produk alternative yang ada di pasar. Walaupun demikian, keputusan pembelian bukan hanya ditentukan tentang merk tertentu saja. Selain itu, konsumen mengambil keputusan pembelian atas sumber informasi yang mereka terima yang dijadikan dasar pembelian. Beberapa sumber informasi yang dapat mereka pergunakan diantaranya: 1. Televise 2. Majalah 3. Koran 4. Keluarga 5. Teman 6. Dealer Bagi manajer, pemahaman tentang sumber informasi saja belum terasa cukup, banyak hal yang perlu diketahui oleh manajer, diantaranya terletak pada implikasi strategi pemasaran yang akan dipergunakan oleh perusahaannya, yaitu: 1. Keputusan tentang kategori produk: - memberi kerangka yang luas dalam memahami lingkup ppersaingan produk - pengamatan terhadap trend permintaan industry memungkinkan perusahaan mengidentifikasi dampaknya terhadap produk perusahaan 2. Keputusan tentang merk produk: - Memberikan dasar bagi para manajemen dalam membandingkan kelemahan dan kekuatan produk dari perusahaan maupun dari pesaing - Memberikan pemikiran meluncurkan produk terbaru untuk melayani kebutuhan yang belum terpenuhi 3. Keputusan tentang sumber informasi - Memberikan dasar bagi para manajemen tentang bentuk informasi yang doperlukan untuk mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk - Sebagai pegangan dasar bagi manajemen dalam mengarahkan isi pesan pada target pasar yang dilayani Tahapan Pengambilan Keputusan Pembelian 1. Menurut Engel et al. (1994:31-32) dan Lamb et al. (2001:188), ada berbagai tahapan yaitu: a) pengenalan kebutuhan b) pencarian informasi c) evaluasi alternative d) keputusan pembelian e) perilaku pascapembelian. 2. Secara umum: 1. Pengenalan masalah (problem recognition)
Adapun sumber informasi untuk membantu mereka mencari aneka produk atau jasa yang mereka cari selama ini. Nah, ada 4 (empat) sumber informasi yang dapat membantu konsumen menemukan produk atau jasa yang layak mereka beli untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, diantaranya
1. Pertama,  sumber  komersial yang sifatnya  lebih banyak memberitahukan hal-hal seputar produk. Iklan merupakan sumber informasi komersial yang potensial dalam meraih calon pembeli. Iklan disini bisa disebarluaskan dengan berbagai media cetak, elektronik, maupun audio, visual dan audio visual.
 2. Kedua, sumber personal. Sifatnya lebih  banyak  memberikan penilaian dan memperkuat  informasi produk yang  diterima calon pembeli.
 3. Ketiga,  sumber publik, berupa kecenderungan  publik dalam mengapresiasi suatu produk. Informasi yang diberikan biasanya  melalui sebuah survei atau polling pendapat berkenaan dengan suatu jenis produk. Saat ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan jasa publisitas baik itu berupa demo produk, event maupun testimoni orang-orang terkenal.
 4. Keempat,  sumber pengalaman, berupa pengalaman sebelumnya  berkaitan dengan penggunaan produk untuk memenuhi suatu  kebutuhan. Pada beberapa orang, pengalaman yang beredar dari mulut ke mulut lebih banyak dan lebih efektif mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian barang. Salah satunya, ketika pengusaha menjual barangnya menjauhi sumpah yang berlebihan dalam menjual suatu barang, seperti sabda Nabi SAW


Tidak ada komentar:

Posting Komentar