Sabtu, 31 Mei 2014

kemandirian bangsa dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, guna meningkatkan ketahanan nasional


Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN yang dalam hal ini di wakili Bidang Ionosfer dan Komunikasi Radio mengikuti kegiatan pameran teknologi “Pusdikhub Orari Ham Festival”. Dalam pamerannya menampilkan Profil Lapan juga memamerkan “Sistem pencarian Frequensi Optimal untuk Komunikasi HF berbasis ALE (Automatic Link Establishment)” yang disampaikan para peneliti Bidang Ionosfer dan Komunikasi (Bid. Iontelkom).   
Pembukaan dan penyemanatan perserta lomba dibuka secara  resmi  oleh Wakil Wali Kota Cimahi Drs. H. Sudiarto,SE, Ak. dalam pembukaannya beliau menyampaikan bahwa pada kesempatan pembukaan saat ini teknologi yang berkembang sangat pesat bahwa untuk menunjukkan kepada dunia bahwa  Indonesia berkemmpuan dalam bidang teknologi komunikasi dan elektronika untuk Pertahanan dan Keamanan Nasional dan tujuan lain dari pameran ini sebagai sarana kerjasama antara Pusdikhub Kodiklat TNI AD dengan ORARI guna meningkatkan kemampuan keterampilan dibidang teknik komunikasi dan elektronika. Sarana latih diri dan meningkatkan ketrampilan dalam penggunaan peralatan yang dibuat sendiri dengan harapan dapat membantu Perhubungan TNI AD dalam mengawasi penggunaan frekuensi atau dukungan komunikasi dalam menghadapi situasi darurat serta untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota Amatir Radio, dan menggugah calon anggota Amatir Radio untuk dapat segera menjadi anggota Amatir Radio melalui proses sebagaimana yang telah ditentukan.
Tujuan dari kegiatan ini :
a.       Menciptakan hubungan komunikasi interaksi antara Pusdikhub TNI AD dan ORARI dalam bingkai NKRI dan kepentingan Pertahanan Nasional.
b.     Mewujudkan interaksi dan  interaktif  dalam pertahanan dan keamanan perhubungan nasional sehingga bermanfaat untuk kepentingan masyarakat, pertahanan dan keamanan di lingkungan TNI AD dan ORARI.
Peserta Festival diikuti dari berbagai Instansi Pemerintah dan Swasta terdiri dari Pudikhub TNI AD, ORARI, LAPAN, PT. Dirgantara Indonesia, BNPB Prop. Jawa Barat, SAR Jawa-Barat, INTEREST, Telkomsel, D235 Paramotor Indonesia dan Silambas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar